Jumat, 08 Mei 2009

Kumpulan Resep Masakan Serba Ayam

Diposkan oleh achi di 14.21
Nah ..untuk postingan pertama mengenai resep masakan..aq bikin resep dengan bahan dasar "ayam"..Kenapa? karena: ini menu ku hari ini yg baru saja selesai akq masak, kedua..karena yg ada di warung nenek..(baca:warung sebelah rumah) cuma daging ayam..he..he
Resep Serba Ayam 1:

AYAM CAH JAMUR


Bahan:
200 gr daging paha ayam
150 gr jamur merang (krn di Jambi ini susah dapet jamur merang aq pake jamur kalengan)
2 siung bawang putih,dicincang ya..
1/2 bawang bombay
1/2 paprika merah, Potong-potong ya..(aq sih pake cabe merah aja..hi..hi..krn di kulkas nggak ada paprika)
2 1/2 sdm saus tiram
1/2 sdm Kecap inggris
1 sdm saus tomat
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
200 ml air kaldu ayam
1sdt tepung sagu dan 1sdt air (larutan utk pengental)
1 sdt minyak wijen
2 sdm minyak utk menumis

Cara Membuat:
- Panaskan minyak,tumis bawang putih&bombay, sampai harum, masukkan ayam..aduk sampai warnanya berubah ya...lalu masukkan jamur
- Giliran Paprikanya ya...aduk sampai layu, masukkan saus tiram, kecap inggris, saus tomat, garam, merica, aduk terus..tuangkan deh kaldu ayam tadibiarkan mendidih.
- Masukkan larutan pengental tadi (air+tepung sagu)...masak sampai mendidih..terakhir tambahkan tuh minyak wijen...aduk...selesai deh...
hmmmmmm
AYAM BAKAR RICA (KHAS MENADO)
Bahan:
• 7 ons Ayam Kampung
• 1 buah jeruk nipis
• 4 sdm minyak goreng
• garam secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
• 1 ons bawang merah
• 2 ruas jahe
• 1 ons cabe merah
• 1 batang serai
• 3 lembar daun jeruk
Cara Membuat:
1. Belah ayam menjadi 4 bagian, lumuri dengan garam dan jeruk nipis, diamkan sebentar dan dipanggang di bara api sebentar
2. Tumis seluruh bumbu dan masukkan ayam yang telah dibakar sebentar, tambahkan air 2 gelas, rebus sampai matang
3. Angkat ayam, olesi sisa bumbu, bakar lagi hingga bumbu terlihat agak kering.
4. Sajikan panas

AYAM PANGGANG TALIWANG LOMBOK

BAHAN:
• 1 ekor ayam kampong yang muda
• 2 sdm minyak goreng, untuk melumuri
• Garam secukupnya
• 3 buah jeruk limau, ambil airnya

BUMBU YANG DIHALUSKAN:
• 8 buah cabai merah
• 7 siung bawang merah
• 4 siung bawang putih
• ½ sdt terasi baker
• 3 buah tomat
• Garam secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Bersihkan ayam, buang kepala dan kakinya, cuci bersih. Belah dada ayam jangan sampai putus. Lalu tekan-tekan agar terbuka. Bisa juga ayam dipotong menjadi 4 bagian.
2. Lumuri ayam dengan garam dan minyak, sisihkan.
3. Panggang ayam di atas bara api kecil selama 5 menit sambil di bolak-balik, angkat.
4. Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu yang dihaluskan sehingga harum. Angkat, beri jeruk limau.
5. Lumurin ayam yang sudah dipanggang sebentar tadi dengan bumbu, diamkan selama 15 menit. Panggang lagi ayam di atas bara api arang/oven sambil diolesi bumbu dan sesekali dibolak-balik sehingga ayam matang dan berwarna kecoklatan.
6. Sajikan ayam panggang bersama sisa bumbu.



0 komentar on "Kumpulan Resep Masakan Serba Ayam"

Poskan Komentar

 

dapur ngebul-buncis Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez